menu melayang

Selasa, 06 Desember 2022

Apa itu e-IPO dan KELEBIHAN E-IPO

 


Apa itu E-IPO

Electronic Indonesia Public Offering atau yang sering dikenal dengan nama e-IPO ini merupakan sebuah sarana digital yang diluncur untuk mendukung proses penawaran umum saham perdana ke publik. Dengan adanya e-IPO, proses pemesanan saham IPO menjadi lebih praktis dan mudah. Sebelum lanjut ke pembahasan anda bisa membaca artikel kami sebelumnya yang berjudul Apa itu penawaran umum perdana anda bisa membacanya dengan klik link yang tertera. Jika sudah mari kita lanjutkan pembahasannya.

Salah satu hal yang cukup menarik dalam sistem e-IPO ini, adalah tersedianya berbagai macam informasi, mulai dari perusahaan apa yang akan IPO, info soal rentang harga, jangka waktu penawaran, dan prospektus. Ini tentunya kabar baik bagi para investor, di mana mereka dapat melihat daftar perusahaan yang akan IPO mulai masa penawaran awal (bookbuilding).

Melalui e-IPO ini, Investor juga dapat menyampaikan minat mereka terhadap saham IPO dalam masa bookbuilding. Tak hanya itu, investor dapat menyampaikan pesanan dengan harga final serta menyiapkan dana dalam masa penawaran umum (offering). Setelah offering, seluruh pesanan akan dijatahkan (allocation) sesuai dengan Peraturan OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Manfaat e-IPO

Pembelian saham IPO dengan sistem digital (e-IPO) memang memiliki perbedaan dengan sistem IPO biasa. Untuk lebih lengkapnya, berikut kami rangkumkan beberapa manfaat yang didapatkan oleh para investor menggunakan e-IPO.

1.   Akses Lebih Luas dan Mudah

Sebelum adanya e-IPO, investor ritel memiliki akses yang terbatas untuk dapat ikut serta dalam pemesanan saham pasar perdana. Dengan adanya e-IPO, investor ritel mendapatkan akses yang lebih luas dan mudah dijangkau, khususnya bagi mereka yang berpartisipasi dalam pasar perdana.

2.   Memperoleh Alokasi Penjatahan

Peluncuran e-IPO ini mampu meningkatkan kesempatan para investor ritel untuk memperoleh alokasi penjatahan pada saham perdana.

3.   Memperluas Partisipasi

Dengan adanya e-IPO, Anda dapat memperluas partisipasi Perusahaan Efek sebagai agen penjual dalam sebuah proses penawaran umum melalui e-IPO. Dengan begitu, Anda juga dapat memperluas kesempatan bagi seluruh investor ikut berpartisipasi pada sebuah penawaran umum.

Kelebihan e-IPO

1. Proses Pemesanan dan Pembayaran Lebih Efisien

Saat e-IPO belum diluncurkan, seorang investor harus menyediakan dana di rekening penampung, sehingga pengembalian dana setelah alokasi bisa saja terjadi. Setelah adanya e-IPO ini, investor tidak perlu lagi melakukan transfer ke rekening penampung karena dana pemesanan langsung didebet dari RDN (Rekening Dana Nasabah) investor.

2. Informasi IPO Terbaru Lebih Lengkap

Jika sebelumnya para investor harus proaktif untuk mencari informasi tentang IPO terbaru. Setelah adanya e-IPO ini, para investor tidak perlu lagi kerepotan dengan masalah itu, karena investor bisa langsung mengakses halaman e-IPO dan memperoleh informasi tentang IPO terbaru.

3. Partisipasi Tanpa Batas

Jika sebelumnya, investor yang bisa berpartisipasi di satu penawaran umum terbatas pada penjamin emisi pelaksana dan sindikasi saham saja. Setelah peluncuran e-IPO ini, seluruh investor dari perusahaan efek manapun dapat berpartisipasi asalkan telah memiliki RDN, SID, dan SRE.

Tahapan Pembelian e-IPO

Pada dasarnya, setiap melakukan pembelian saham IPO, para investor tentu harus melalui beberapa proses. Sama halnya dengan pembelian saham e-IPO, terdapat beberapa tahapan yang harus dilewati.

Berikut kami rangkum tahapan apa saja yang harus dilalui :

1.    Proses Registrasi

Melakukan registrasi dengan memasukkan alamat email, mengisi tipe investor (individu atau institusi) dan mengisi data yang pendaftar dengan benar. Selanjutnya, investor dapat melakukan autentikasi pada email yang didaftarkan. Kemudian memasukkan kode OTP yang ada di email. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan password.

2.    Proses Verifikasi Broker

Langkah selanjutnya, setiap investor bisa memilih broker atau sekuritas yang pilih. Pilih registrasi SID (Single Investor Identification) atau SRE (Sub Rekening Efek) bagi yang sudah punya atau pilih menu ‘baru’ untuk yang belum. Investor yang belum punya SID aau SRE akan melakukan pembukuan rekening di luar sistem oleh broker yang dituju sebelumnya. Setelah melakukan verifikasi broker, investor bisa langsung login dan menyampaikan minat atau melakukan pemesanan saham IPO pada sistem e-IPO.

SID merupakan nomor pengenal tunggal seorang investor pasar modal Indonesia yang diterbitkan oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Sedangkan SRE merupakan rekening efek yang digunakan untuk menyimpan portofolio saham atas nama nasabah yang telah terdaftar di KSEI.

3.    Proses Submit Pesanan

Setelah melakukan login di akun e-IPO, setiap investor akan melihat datar perusahaan-perusahaan yang sedang IPO. Setelah itu, investor bisa memilih saham yang ingin dibeli dengan mengklik menu ‘More Info’. Apabila investor sudah yakin dengan pilihannya, langkah selanjutnya bisa mengklik menu ‘Place Order’, lalu mengisi formulir pemesanan, dan mengklik ‘Send’ dan memasukkan kode OTP.

4.    Sediakan Dana di RDN

Perusahaan yang telah IPO akan mendapatkan pemberitahuan melalui email jika mendapatkan pesanan masuk dari investor. Setelah selesai melakukan verifikasi, pembelian saham IPO bisa langsung disetujui. Lalu, Investor dapat membaca prospektus dan menyetujui prospektus pada masa bookbuilding. Perlu diketahui, investor sebaiknya telah menyediakan dana di RDN sebelum masa offering.

5.    Proses Penerimaan Saham IPO

Pada tahap ini, para investor dapat melihat hasil penjatahan dari proses membeli saham IPO yang dilakukan melalui menu ‘history’. Lalu, status ‘Allotted’ akan terlihat apabila investor mendapatkan saham sesuai dengan pesanan. Jika statusnya 'Allotted with Scale Back’, maka menandakan penjatahan tersebut akan disesuaikan. Namun, jika statusnya 'Not Allotted’ itu menandakan investor tidak mendapatkan penjatahan dan status ‘Not Carried Over’ menandakan pesanan tidak diteruskan untuk proses penjatahan.

Bagaimana pembahasan artikel diatas yang berjudul Apa itu e-IPO dan KELEBIHAN E-IPO, semoga artikel diatas membantu menambah wawasan anda.

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel