menu melayang

Rabu, 07 Desember 2022

Contoh Perusahaan Go Publik di Papan Pengembangan

 


Komisi Bursa Efek, atau Komisi Bursa, digunakan untuk mengklasifikasikan status perusahaan saat pertama kali go public di bursa saham. Salah satu klasifikasi papan perdagangan yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah papan pengembangan.

Apa Itu Papan Perdagangan?

Perusahaan yang dikategorikan sebagai papan pengembangan adalah suatu perusahaan yang kurang lebih telah beroperasi selama lebih dari 12 bulan. Papan pengembangan ditujukan kepada perusahaan yang belum bisa memenuhi persyaratan pencatatan Papan Utama dan belum membukukan net profit atau laba bersihnya. Sebelumnya kami juga sudah mengunggah artikel yang berjudul Apa itu e-IPO dan KELEBIHAN E-IPO silahkan klik yang tertera jika anda tertarik membacanya. Jika sudah mari kita lanjutkan pembahasannya.

Pada dasarnya, perusahaan yang masuk dalam daftar papan pengembangan akan menawarkan minimal 150 juta saham yang ditawarkan kepada masyarakat atau publik. Dan untuk perusahaan yang dalam mengalami proses penyehatan juga diklasifikasikan sebagai papan pengembangan.

Berikut beberapa ketentuan yang berlaku untuk saham papan perkembangan:

   Perusahaan telah berbadan hukum berupa status Perseroan Terbatas (PT).

   Pembukuan pendapatan usaha dengan masa operasional lebih dari 1 tahun.

   Memiliki laba operasi dengan kerugian diperbolehkan, tetapi prakiraan untuk tahun 2 sampai 6 menghasilkan laba operasi dan laba bersih.

   Jumlah saham hasil penawaran umum minimal 150 juta saham, dan nilai ekuitas yang ditetapkan kurang dari 500 miliar rupiah, maka jumlah saham yang dikeluarkan untuk publik adalah 20 persen. Sebanyak 15 persen untuk 500 miliar rupiah sampai dengan 2 triliun rupiah, dan 10% untuk lebih dari 2 triliun rupiah.

   Pemegang saham berjumlah lebih dari 500 pihak.

   Harga saham perdana minimal melebihi Rp 100.

   Jenis jaminannya adalah komitmen penuh.

Pada dasarnya kebijakan dan regulasi yang diatur oleh BEI sebagai otoritas mampu memberikan banyak manfaat bagi calon investor dan emiten terkait. Dengan demikian, aktivitas perdagangan saham dapat dilakukan dengan lancar dan aman. Apalagi bagi investor pemula yang baru mulai berinvestasi saham.

Contoh Perusahaan Go Publik di Papan Pengembangan

Pada 22 Mei 2022, BEI telah mengumumkan terdapat sembilan saham yang berpindah dari Papan Pengembangan ke Papan Utama. Perubahan penempatan papan pencatatan ini mulai diberlakukan pada 31 Mei 2022. Jika ada suatu peristiwa tertentu yang terjadi pada perusahaan tercatat sebelum tanggal tersebut pindah papan,maka pihak bursa memiliki wewenang untuk melakukan perubahan atas pengumuman ini.

Terdapat 440 emiten yang tercatat pada papan pengembangan berdasarkan update www.idx.co.id per November 2022. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut;

1.  Bumi Resources Tbk. (BUMI)

2.  Bumi Resources Minerals Tbk. (BRMS)

3.  Bukalapak.com Tbk. (BUKA)

4.  MNC Land Tbk. (KPIG)

5.  Hanson International Tbk. (MYRX)

6.  Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA)

7.  Central Proteina Prima Tbk. (CPRO)

8.  Astrindo Nusantara Infrastruktur Tbk. (BIPI)

9.  Capital Financial Indonesia Tbk. (CASA)

10.  Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk. (BEKS)

11.  Trada Alam Minera Tbk. (TRAM)

12.  Bumi Teknokultura Unggul Tbk. (BTEK)

13.  Rimo International Lestari Tbk. (RIMO)

14.  Bakrieland Development Tbk. (ELTY)

15.  Adaro Minerals Indonesia Tbk. (ADMR)

Cara Mencari Papan Saham di Website BEI

Anda bisa melihat langsung perkembangan dan update saham-saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia melalui laman IDX. Berikut caranya;

1.  Buka laman IDX  di https://www.idx.co.id

2.  Klik menu “Data Pasar” pada halaman utama website IDX

3.  Pada sub menu “Data Saham”, pilih “Daftar Saham”

JIka sudah menyelesaikan cara diatas, maka Anda dapat melihat daftar papan saham mulai dari 10 hingga 100 entri. Agar lebih mudah, Anda bisa sortir berdasarkan kode/nama perusahaan, sektor saham dan kategori papannya.

Itulah penjelasan tentang Papan Pengembangan. Pertimbangkan dengan matang klasifikasi papan perdagangan sebelum Anda membeli atau menjual saham dari sebuah emiten, hal tersebut akan membantu Anda menilai prospek sebuah emiten di masa mendatang. 

Bagaimana pembahasan artikel diatas yang berjudul Contoh Perusahaan Go Publik di Papan Pengembangan, semoga artikel diatas membantu menambah wawasan anda.

 

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel