menu melayang

Kamis, 01 Desember 2022

Contoh Perusahaan Go Publik di Papan Akselerasi

 


Komisi Bursa Efek, atau Komisi Bursa, digunakan untuk mengklasifikasikan status perusahaan saat pertama kali go public di bursa saham.

Papan perdagangan bursa dibagi menjadi tiga jenis: papan utama, papan Akselerasi dan papan pengembangan. Papan Akselerasi disediakan untuk yang berukuran kecil dan menengah yang tidak dapat memenuhi persyaratan papan pengembangan.

Apa itu Papan Akselerasi?

Papan Akselerasi adalah klasifikasi papan perdagangan yang diperuntukkan kepada perusahaan yang telah beroperasi selama minimal 1 tahun. Papan Akselerasi mengakomodir perusahaan dengan aset skala kecil dan menengah (UKM), yang memiliki keinginan untuk melakukan penawaran umum perdana dalam rangka menghimpun dana atau modal untuk ekspansi perusahaan. Sebelum ini kami juga membahas artikel tentang Apa itu SahamGorengan anda bisa membacanya untuk menambah wawasan dan informasi yang anda butuhkan. Mari kita lanjut ke pembahasan.

Perusahaan yang  diklasifikasikan sebagai papan akselerasi memiliki minimal 20 persen dari jumlah saham yang ditawarkan kepada publik dan jumlah pemegang saham lebih dari 300 pihak. Meski asetnya kecil, emiten di Akselerasi masih memiliki potensi untuk tumbuh dan menghasilkan keuntungan bagi investor. Perusahaan panitia hanya membutuhkan waktu dan akses investor untuk mendapatkan modal dari bursa.

Contoh Perusahaan Go Publik di Papan Akselerasi

Emiten pada papan akselerasi memiliki peluang yang cukup besar untuk dapat naik ke papan pengembangan bahkan naik ke papan utama jika mampu memenuhi persyaratan masing-masing papan dan tidak masuk ke dalam kriteria perusahaan skala kecil dan menengah sesuai aturan POJK 53.

Terdapat 23 emiten yang tercatat pada papan akselerasi berdasarkan update www.idx.co.id per November 2022.

1.   IBOS; Indo Boga Sukses Tbk

PT Indo Boga Sukses Tbk didirikan tahun 2019. Perusahaan ini bergerak dalam bidang Food and Beverage Industry dengan memiliki dan mengoperasikan D’Monaco Restaurant yang bernuansa ke Eropa-an.

2.   NANO; Nanotech Indonesia Global Tbk.

PT Nanotech Indonesia Global adalah perusahaan yang memiliki core business yang berupa jasa layanan sains dan teknologi berbasis research & development, rekayasa material, dan nano teknologi.

3.   EURO; Estee Gold Feet Tbk.

PT Estee Gold Feet adalah perusahaan yang bergerak dibidang produksi produk-produk kosmetika dan perbekalan kesehatan rumah tangga (PKRT). Perusahaan ini juga bergerak sebagai penyedia jasa maklon untuk sediaan Aerosol dan cairan untuk produk-produk kosmetik , produk PKRT dan produk produk auto chemical.

4.   UVCR; Trimegah Karya Pratama Tbk.

PT Trimegah Karya Pratama adalah perusahaan bergerak sebagai menyediakan gift card dan voucher dengan merek Ultra Voucher.

5.   MGLV; Panca Anugrah Wisesa Tbk.

PT Panca Anugrah Wisesa adalah perusahaan dengan menawarkan produk-produk berupa barang mewah, seperti ruang tamu dan keluarga, perlengkapan dapur dan kamar mandi, serta perangkat interior mewah.

6.   OLIV; Oscar Mitra Sukses Sejahtera Tbk.

Dimulai pada tahun 1984, PT Oscar Mitra Sukses Sejahtera bergerak sebagai industri furnitur milik keluarga. Perusahaan ini sendiri berdiri pada tahun 2015 dan melebarkan bisnisnya dengan membuka pusat logistik beberapa daerah. Dan saat ini, perusahaan ini berfokus pada toko online yang menjual berbagai macam perabot kantor, hunian, dan jenis perabot lainnya dari berbagai merek.

7.   SOFA; Boston Furniture Industries Tbk.

PT Boston Furniture Industries memproduksi berbagai macam produk furniture kelas atas dan mewah dengan merk Blackwood American dan Blackwood Modern. Terinspirasi oleh ukiran dan penyepuhan Eropa, lini produk ini menghasilkan tempat tidur, kursi, kotak, meja, dan aksesori (cermin) berkualitas tinggi.

8.   CASH; Cashlez Worldwide Indonesia Tbk.

PT Cashlez Worldwide Indonesia adalah perusahaan teknologi finansial pembayaran yang memberikan solusi dan nilai tambah bagi merchant agar pemilik bisnis dapat mengelola dan mengembangkan bisnisnya.

9.   LFLO; Imago Mulia Persada Tbk.

PT Imago Mulia Persada adalah perusahaan retail furniture yang menawarkan brand Italia seperti Knoll, Diadre dan Alessi. Mereka menawarkan berbagai gaya dari sejarah desain, seperti postmodernisme dan kontemporer, dan memiliki koleksi produk yang lengkap.

10.      KLIN; Klinko Karya Imaji Tbk.

PT Klinko Karya Imaji perusahaan yang memproduksi produk pembersih yang mengandung bahan limbah tekstil daur ulang. Dalam 90% produknya, sebagai komitmen terhadap keberlanjutan.

11.      SMKM; Sumber Mas Konstruksi Tbk.

PT Sumber Mas Konstruksi adalah perusahaan yang bergerak pada bidang jasa konstruksi jalan dan saluran air, jasa services arsitektur dan engineering dan jasa konstruksi umum keseluruhan, khususnya untuk pembangunan gedung, jalan, jembatan dan konstruksi rumah tempat tinggal dan gedung.

12.      AMMS; Agung Menjangan Mas Tbk.

PT Agung Menjangan Mas adalah perusahaan yang menyediakan jasa penunjang budidaya perikanan dan budidaya udang.

13.      IDEA; Idea Indonesia Akademi Tbk.

PT Idea Indonesia Akademi adalah perusahaan yang bergerak pada bidang Hospitality, Cruising, Food & Beverages, dan Restoran.

14.      LUCY; Lima Dua Lima Tiga Tbk.

PT Lima Dua Lima Tiga adalah perusahaan makanan dan minuman, yang juga memiliki dan mengelola Lucy in The Sky, sebuah rooftop bar di Sudirman Central Business District (SCBD) Jakarta.

15.      WGSH; Wira Global Solusi Tbk.

PT Wira Global Solusi adalah perusahaan yang dikenal sebagai Venture Builder mengumumkan telah menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan startup accelerator Impacto.

16.      RUNS; Global Sukses Solusi Tbk.

Global Sukses Solusi adalah perusahaan rintisan yang menyediakan perangkat lunak yang berfokus pada pengembangan perencanaan sumber daya perusahaan. RUN System didirikan di Yogyakarta pada tahun 2014 dibawah PT. Global Sukses Solusi Tbk.

17.      IPAC; Era Graharealty Tbk.

PT Era Graharealty adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang waralaba dan jasa agen real estate.

18.      PLAN; Planet Properindo Jaya Tbk.

PT Planet Properindo Jaya adalah perusahaan pengelola dan pemilik hotel berbintang tiga Vue Palace Hotel di Bandung, Jawa Barat.

19.      FLMC; Falmaco Nonwoven Industri Tbk.

PT. Falmaco Nonwoven Industri adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri yang berhubungan dengan produk non-woven, tisu basah, dan berbagai perlengkapan kebersihan lainnya.

20.      PPGL; Prima Globalindo Logistik Tbk.

PT Prima Globalindo Logistik adalah perusahaan yang menyediakan layanan pengiriman barang untuk industri ekspor dan impor. Perusahaan ini memberikan layanan angkutan laut internasional, angkutan udara internasional, kargo reefer, truk, dan perantara pabean.

21.      PGJO; Tourindo Guide Indonesia Tbk.

PT Tourindo Guide Indonesia adalah perusahaan startup teknologi di bidang pariwisata, yang resmi melantai di Papan Akselerasi PT Bursa Efek indonesia (BEI) pada tanggal 8 Januari 2020.

22.      RCCC; Utama Radar Cahaya Tbk.

PT Utama Radar Cahaya adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam pelayaran logistik, didirikan pada tahun 2012.

23.      FIMP; Fimperkasa Utama Tbk.

PT Fimperkasa Utama adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi. Perusahaan berfokus pada layanan seperti proses desain, persiapan lahan (cut and fill), dan konstruksi akhir.

Cara Mencari Papan Saham di Website BEI

Anda bisa melihat langsung perkembangan dan update saham-saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia melalui laman IDX. Berikut caranya;

1.    Buka laman IDX  di https://www.idx.co.id

2.    Klik menu “Data Pasar” pada halaman utama website IDX

3.    Pada sub menu “Data Saham”, pilih “Daftar Saham”

JIka sudah menyelesaikan cara diatas, maka Anda dapat melihat daftar papan saham mulai dari 10 hingga 100 entri. Agar lebih mudah, Anda bisa sortir berdasarkan kode/nama perusahaan, sektor saham dan kategori papannya.

Itulah penjelasan tentang Papan Akselerasi. Pertimbangkan dengan matang klasifikasi papan perdagangan sebelum Anda membeli atau menjual saham dari sebuah emiten, hal tersebut akan membantu Anda menilai prospek sebuah emiten di masa mendatang. 

Selesai sudah pembahasan kita tentang Contoh Perusahaan Go Publik di Papan Akselerasi semoga artikel diatas bisa membantu anda dalam mencari informasi sesuai yang kami bahas, Terimakasih.

 

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel