menu melayang

Jumat, 02 Desember 2022

Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

 


Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Barang berharga ini masih tetap menjadi Primadona, terutama bagi kaum wanita. Emas tergolong dalam perhiasan dan logam mulia. Harga emas biasanya akan mengalami kenaikan dalam kurun waktu diatas 5 tahun.

Namun penting sekali untuk Anda ketahui, sebelum memulai berinvestasi dalam produk ini, perlu kiranya Anda untuk tahu cara membedakan mana emas yang asli atau palsu. Sebelum kita membahasnya kami juga mengunggah artikel kami yang berjudul Contoh Perusahaan Go Publik diPapan Akselerasi anda bisa membaca artikel tersebut dengan klik yang tertera. Mari kita lanjut ke pembahasan.

Jangan biarkan investasi Anda sia-sia karena Anda berinvestasi pada barang palsu. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi pada barang berharga ini, Anda harus tahu cara membedakan mana emas asli dan palsu.

Sebab, jika tidak bisa membedakannya, bisa jadi Anda malah membeli emas palsu yang ditawarkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.  Alhasil, keinginan Anda untuk berinvestasi emas untuk menambah pundi-pundi uang Anda akan terjadi sebaliknya.

Cara Mengidentifikasi Emas Asli atau Palsu

Penipuan dalam transaksi emas biasanya terjadi saat permintaan meningkat.  Dengan mengetahui cara membedakan barang palsu, Anda dapat melakukan hal sederhana seperti mendulang emas, memeriksa sertifikat keaslian, dan membeli dari sumber terpercaya.

1.    Memperhatikan Fisik Emas

Perbedaan antara emas asli dan emas palsu dapat dilihat dari tampilan fisiknya.  Anda dapat melihat tanda khusus yang biasanya ditemukan pada emas murni atau emas batangan.

Misalnya, ada stempel yang menunjukkan kandungan emas.  Umumnya menggunakan satuan kehalusan, namun biasa dikenal dengan karat dalam angka mulai dari 10k, 18k dan 24k.

2.    Menggosok Emas

Silakan coba pegang emas yang Anda beli dengan baik, lalu gosok emas tersebut menggunakan telapak tangan atau jari telunjuk Anda.  Jika warnanya kusam dan tidak rata setelah dibersihkan, bisa dipastikan itu emas palsu, begitu pula sebaliknya.

3.   Menggigit Emas

Emas adalah logam mulia yang lunak, sehingga sangat mudah untuk diukir.  apabila ada seorang penjual yang menawarkan emas berkualitas tinggi, Anda dapat dengan mudah memeriksa langsung apakah emas tersebut lunak atau tidak. Semakin tinggi tingkat karatnya, maka akan semakin lembut tekstur emasnya.

Cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah sebuah emas asli atau palsu itu adalah dengan cara menggigit permukaan emas tersebut.  Jika bekas gigitan tetap ada setelah digigit, itu berarti emas asli.  Namun, sangat disarankan supaya Anda tidak tergesa gesa melakukan pembelian.  Karena bahan penyusun emas palsu bisa berupa timah, karena timah merupakan logam yang lunak.

4.   Coba dengan Magnet

Emas pada dasarnya adalah logam non-magnetik.  Itu berarti emas tidak akan menarik atau menempel jika Anda meletakkannya di dekat magnet.  Perlu juga diingat bahwa pengujian yang satu ini tidak berarti bahwa emas yang Anda miliki benar, karena masih banyak logam lain yang memiliki sifat non-magnetik.

5.    Digosok

Cara lain untuk mengetahui emas mana yang asli dan palsu adalah dengan menggunakan keramik atau padat.  Jika emas tergores pada keramik atau kertas tidak meninggalkan bekas, maka emas tersebut asli.

Goresan yang tersisa dapat menjadi indikasi bahwa emas tersebut asli.  Tetapi Anda harus memperhatikan bahwa metode yang digunakan berisiko merusak emas.

6.    Cek Sertifikat

Cara mengetahui emas asli atau palsu dengan memeriksa sertifikat.  Biasanya ada hologram pada sertifikat yang bisa Anda periksa di bawah sinar matahari.  Jika sertifikat itu asli, itu akan mencerminkan warna hologram.

7.    Uji Akurasi dengan Suara

Anda dapat memeriksa keaslian logam mulia dengan menjatuhkannya pada logam atau menyentuhnya.  Jika nyata, itu membuat suara dering yang panjang dan keras ketika bertabrakan dengan logam lain.

8.    Cairan Asam Nitrat

Tips berikut sering digunakan oleh para pedagang emas dan toko perhiasan untuk mengidentifikasi emas asli dan palsu.  Jika Anda ingin melakukannya sendiri, Anda harus berhati-hati, karena asam nitrat adalah cairan yang sangat berbahaya bagi tubuh dan pernapasan.  Cara yang digunakan sangat sederhana, yaitu dengan meneteskan asam nitrat ke dalam emas kemudian mengamati reaksinya.

Jika berubah menjadi hijau berarti logam tersebut berlapis emas, tetapi jika berubah menjadi kuning berarti kuningan berlapis emas.  Sedangkan jika berubah menjadi seperti susu, logamnya berwarna perak dengan lapisan emas.  Tetapi jika warnanya tidak berubah, logamnya adalah emas asli.

9.   Cek ke Store Terdekat

Harap bawa emas yang Anda beli ke butik Antam LM terdekat.  Petugas di butik LM Antam terdekat akan menentukan keaslian dan kandungan emas yang ada di dalamnya. Petugas di butik LM Antam terdekat biasanya sudah terbiasa membedakan emas asli dan palsu, jadi apa yang dikatakannya selalu benar.

10. Pakai App CertiEye

Langkah selanjutnya yang bisa lakukan adalah dengan mengecek di handphone. Anda dapat menggunakan aplikasi CertiEye di ponsel cerdas Anda untuk mengetahui apakah emas batangan Anda asli atau palsu.

Ciri-ciri Emas yang Palsu

Saat ini banyak sekali kita menjumpai jualan emas online. Nah, untuk sebelum membeli emas yang Anda inginkan, tidak ada salahnya untuk mempelajari tentang ciri-ciri emas palsu.

Adapun ciri-ciri dari emas palsu sebagai berikut:

1.   Menawarkan Harga yang Lebih Murah

Anda harus berhati-hati jika menemukan penjual yang menjual emas dengan harga yang sangat murah.  Pada umumnya harga emas sendiri selalu mengikuti harga saat ini.  Anda dapat menemukan harga terbaru di situs resmi Antam, Galeri 24, atau dari portal berita terpercaya.

2.   Emasnya Ringan

Ciri emas palsu selanjutnya adalah mengenalinya dari beratnya.  Jika Anda menemukan emas yang lebih ringan dari raksasa, mungkin itu adalah emas palsu. Pasalnya, meski emas kecil, namun tetap berat.  Emas asli terasa kecil tapi padat.

3.    Warna Kulit Dapat Berubah

Coba kenakan perhiasan emas selama beberapa menit, lalu lihat apakah warna kulitnya berubah.  Emas palsu dikatakan mengubah warna kulit menjadi hijau atau sedikit lebih gelap. Saat memakai emas palsu, ia bereaksi secara kimia pada kulit.  Namun, emas asli tidak bereaksi secara kimia.

4.   Suara Lebih Nyaring

Emas asli mengeluarkan suara yang sangat keras dan panjang ketika dipukul dengan koin.  Sementara itu, emas palsu bekerja dengan cara yang sama dan menghasilkan efek sebaliknya. Meskipun hanya dalam suara, metode ini tidak disengaja.  Pendengaran Anda harus cukup peka untuk mendengar suara emas.

5.   Menciptakan Warna Hitam

Cara membedakan emas asli dan palsu selanjutnya adalah dengan menggoreskan emas pada keramik atau kertas.  Jika digores dengan keramik atau kertas hitam, emas itu palsu.  Jika tidak meninggalkan goresan, emas itu asli.

6.    Menggunakan Cairan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Anda dapat menggunakan asam nitrat cair untuk tes ini.  Sebagai langkah pertama, teteskan larutan asam nitrat pada emas. Jika itu emas asli, tidak akan ada reaksi.  Namun jika warnanya berubah menjadi hijau, berarti emas mengandung zat besi.

Jika susu menunjukkan warna, itu berarti mengandung perak.  Sedangkan jika reaksi menghasilkan warna emas, maka emas yang diuji mengandung logam tembaga.  Emas asli tidak ternoda setelah direndam dalam asam nitrat.

Bagaimana artikel diatas? Apakah sudah membantu anda dalam mencari informasi tentang Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu semoga artikel diatas membantu anda dan menambah wawasan anda, Terimakasih

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel