menu melayang

Minggu, 12 Februari 2023

Perbedaan Perak vs Emas


 

Perbedaan Perak VS Emas

Berinvestasi dalam emas dan perak menjadi daya tarik bagi sebagian orang karena kedua komoditas berharga ini memiliki jaminan prospek kenaikan harga dari waktu ke waktu. Sebelum membahas tentang perbedaan antara emas dan perak, kami sebelumnya juga mengunggah Investasi Saham Vs Investasi Emas, jika Anda ingin membaca Anda bisa klik link yang tertera.

Tidak menyebutkan warna yang sama seringkali membuat orang mengira mereka adalah perhiasan yang sama. Meski sama-sama menguntungkan, ada perbedaan emas putih dan perak sangat penting. 

Lalu, apa saja perbedaan antara emas putih dan perak? Untuk mengetahui lebih lanjut tentang emas dan perak, Anda bisa menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Emas Putih?

Emas putih merupakan campuran emas murni dengan berbagai logam putih seperti nikel dan paladium. Hal inilah yang membuat logam mulia ini semakin cantik, elegan dan cocok dipadukan dengan berbagai aksesoris atau pakaian lainnya.

Karakteristik Emas Putih

Untuk membedakan antara emas putih dan perak, pertama-tama Anda harus mengetahui karakteristik emas putih.

1. Daya Tahan

Daya tahan berkaitan dengan komposisi logam lain dalam produksi logam mulia.  Jika emas murni, misalnya, hanya didukung oleh logam 24 karat tanpa logam lain yang ditambahkan selama proses pembuatan, komposisinya sangat halus.

Oleh karena itu, ciri khas emas putih adalah memiliki kekuatan yang baik karena mengandung banyak logam lain di dalamnya.  Emas putih sebagai perhiasan biasanya memiliki kadar 9 hingga 18 karat.  Emas putih dibagi menjadi kelompok 18 karat yaitu 25% perak dan 75% emas.

2. Refleksi

Satu hal yang menarik tentang perhiasan adalah seberapa banyak hal itu tercermin.  Nah, jika Anda menyukai perhiasan high-gloss, emas putih memiliki karakteristik ini karena kerumitan logamnya.

3. Warna Cerah

Kecemerlangan emas putih adalah mengapa beberapa orang lebih menyukainya daripada emas kuning.  Nah, tahukah kamu kalau warna putih cerah dari emas putih itu berasal dari satu lapis platina, lho!

Selain kandungan palladium dan perak, lapisan yang membuat emas putih lebih ringan adalah rhodium.  Rhodium dikenal luas di industri perhiasan sebagai pelapis yang meningkatkan kekuatan dan kecemerlangan perhiasan.

Tetapi penggunaan rhodium membawa hasil tertentu.  Karena perhiasan Anda sudah cukup tua atau terlalu sering dipakai, perhiasan itu bisa kehilangan kilau emas putihnya.

4. Tanda Konfirmasi

Perusahaan manufaktur perhiasan menyertakan tanda sertifikasi dengan informasi seperti tahun pembuatan perhiasan, nomor seri, tingkat kemurnian, serta ukuran dan bentuk perhiasan.  Mom bisa mengecek tanda sertifikasi saat melakukan pembelian dan juga mengetahui ciri-ciri emas putih seperti yang disebutkan di atas.

Apa Itu Perak?

Perak merupakan logam transisi putih lembut dan mengkilap dengan konduktivitas listrik, termal, dan reflektif tertinggi di antara semua logam.

Karakteristik Perak

Selanjutnya, untuk lebih memahami perbedaan perak dengan emas putih, berikut ini penjelasan mengenai sifat-sifat emas dan perak yang perlu Anda pahami.

1. Kepadatan

Label emas dan perak lebih berat dari perhiasan lainnya, sehingga Anda dapat merasakannya di tangan Anda jika dibandingkan dengan logam lain.

2. Suara

Nah, ciri khas silver selanjutnya adalah kenyaringan suaranya.  Perak memiliki nada yang lebih tinggi dibandingkan dengan emas putih.  Saya baru saja memukul perak dengan sepotong logam lain dan Anda tahu betapa keras suaranya.

3. Memiliki Segel

Perbedaan antara emas putih dan perak dapat dilihat dari ciri-ciri perak, yaitu terdapat cap pada badan perak. Produsen perak internasional menawarkan perangko 800, 900 dan 925. Dari ID ini, ibu bisa tahu jenis logam apa yang harus dibeli.

4. Tidak Menempel di Magnet

Selain hal-hal tersebut, apa perbedaan antara emas putih dan perak lainnya?  Anda harus tahu bahwa perak memiliki sifat paramagnetik, yang berarti tidak dapat ditarik oleh magnet.  Jika perlu, Anda dapat membawa magnet saat membeli perak untuk melihat apakah logam tersebut asli atau bukan.

Perbedaan Antara Emas Putih Dan Perak

Meskipun keduanya memiliki warna yang sama, mereka tampak cocok satu sama lain. Namun, mereka berbeda Perbedaan antara emas putih dan perak  dari 5 point dibawah ini yaitu :

1. Daya Tahan

Baik emas putih maupun perak digunakan sebagai bahan dasar perhiasan dan sering digunakan untuk melengkapi penampilan sehari-hari. Namun, perbedaan antara emas putih dan perak dapat dilihat dari kekuatannya.

Emas putih lebih tahan dari perak. Meski perhiasan perak dicampur dengan logam lain yang bernilai tinggi seperti emas dan nikel, emas murni tetap lebih unggul. Inilah mengapa emas memiliki nilai investasi yang cukup tinggi.  Namun, pastikan Anda merawat perhiasan emas Anda dengan baik agar lebih awet dan tetap berkilau. 

2. Harga

Perbedaan emas putih Dan perak adalah harganya.  Relatif, perak bernilai kurang dari emas putih. Kandungan emas murni yang tinggi membuat perhiasan emas lebih mahal.

Namun, emas yang biasa digunakan untuk membuat perhiasan adalah emas 18 karat, karena mudah untuk dibentuk berbagai model perhiasan.

3. Cerminan

Secara keseluruhan, pantulan cahaya emas putih lebih terang daripada perak.  Dengan cara ini, akan mudah bagi Anda untuk mengetahui perbedaan antara emas putih dan perak. Apalagi jika terkena sinar matahari langsung.

4. Simbol yang Digunakan

Saat membeli, Anda dapat membedakan antara emas putih dan perak dengan simbol pada perhiasan. Perhiasan dengan logam mulia sering ditandai untuk menentukan kadarnya.

Adapun tanda-tanda yang sering kita jumpai diantaranya:

  • Angka "999" pada stempel ditandai dengan warna perak murni
  • Jika angka "700" tertera pada segel, maka kandungan emas dalam perhiasan tersebut adalah 70 persen murni.
  • Angka "750" menunjukkan bahwa perhiasan tersebut memiliki kandungan emas 75% atau 18 karat
  • Angka "225" dengan huruf s, perhiasan mengandung 92,5% sterling dicampur dengan tembaga.

Perlu juga ditegaskan bahwa perhiasan langka dengan kandungan emas 99,9% bersifat lunak dan mudah diubah, yang mempengaruhi daya tahan perhiasan tersebut.

5. Bentuk Logam

Perbedaan terakhir antara emas putih dan perak adalah bentuk logamnya. Emas putih memiliki tingkat pembuatan perhiasan yang lebih sulit daripada perak.

Pada dasarnya, perak tidak sekuat emas, yang berarti dapat dengan mudah patah atau bengkok jika terkena tekanan.

Bagaimana penjelasan kami tentang Perbedaan Perak vs Emas?, semoga artikel diatas menambah wawasan Anda dan membantu Anda mencari informasi yang dibutuhkan.


Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel