menu melayang

Rabu, 08 Februari 2023

IPO Adalah dan Kenapa Harus IPO?



Kenapa Harus IPO?

Sebelum mengetahui alasan kenapa suatu perusahaan harus IPO, ada baiknya Anda mengetahui dulu apa definisinya. Initial Public Offering atau yang sering disebut IPO, merupakan sebuah istilah bagi sebuah perusahaan yang memberikan penawaran dan menjual kepada publik beberapa saham perusahaannya. Sebelum membahas tentang definis dan alasan kenapa harus IPO, kami sebelumnya juga mengunggah Berapa Jumlah Minimal Pemegang Saham Jika Suatu Perusahaan Ingin Go Gublic, jika Anda ingin membaca Anda bisa klik link yang tertera.

IPO juga menjadi suatu pertanda bahwa sebuah perusahaan awalnya swasta (PT tertutup) menjadi perusahaan publik (Tbk). Oleh kerana itu, banyak orang menyebut istilah IPO ini dengan sebutan go public. Sebelum perusahaannya terdaftar ke bursa, suatu perusahaan akan memiliki keterbatasan dalam hal pengadaan modal untuk ekspansi.

Berbeda ketika suatu perusahaan sudah terdaftar IPO, mereka dapa membuka penawaran sahamnya ke masyarakat luas, dan setiap orang yang disebut sebagai investor dapat membeli dan sekaligus menjadi pemegang saham langsung dari perusahaan yang bersangkutan. Sehingga perusahaan tersebut mampu memperoleh modal tambahan untuk digunakan dalam memperluas jaringan usahanya.

Tujuan IPO

IPO ini bertujuan agar pemilik suatu perusahaan mendapatkan pendanaan atau modal dari luar, dalam hal ini investor. IPO ini umumnya dilakukan ketika pasar saham dalam kondisi yang cukup kondusif dan perusahaan terkait juga sedang mengalami pertumbuhan, sehingga perusahaan tersebut membutuhkan pendanaan untuk ekspansi ataupun untuk memenuhi biaya operasional dari bisnisnya.

Kelebihan IPO untuk Perusahaan

Perusahaan yang berhasil go public akan mendapatkan beberapa keuntungan. Adapun keuntungan yang didapatkan akan dijelaskan berikut :

1. Memiliki Peluang Laba Meningkat

Dengan berhasil melantai di bursa efek, sebuah perusahaan akan memiliki suku bunga yang lebih besar pada saat memberikan pinjaman karena peningkatan pengawasan dari analis dan investor.

Perusahaan yang telah IPO juga dapat menerbitkan lebih banyak saham untuk ditawarkan kepada masyarakat umum selama terdapat permintaan pasar.Dengan begitu, perusahaan jadi lebih mudah dalam mengatur merger dan akuisisinya.

2. Para Investor Mendapatkan Likuiditas

Jika Anda merupakan seorang pemegang saham dari sebuah perusahaan swasta, maka Anda akan kesulitan menjual saham yang Anda miliki. Bahkan bisa dikatakan lebih sulit lagi untuk menilainya. Itulah mengapa investasi saham jauh lebih diunggulkan dan digadang-gadang sebagai salah satu bentuk investasi paling menguntungkan.

Dalam investasi saham, seorang Investor juga memiliki peranan yang cukup besar dalam kenaikan harga saham. Penilaian yang baik akan berpeluang meningkatkan nilai saham di masa yang akan datang.

3. Dapat Dijual dengan Cepat dan Kapan Saja

Tahukah Anda, pada saat saham LinkedIn dipublikasi untuk pertama kali, saham yang sebelumnya sebesar 45 dolar, pada hari yang sama setelah di publikasi nilainya melejit menjadi 94,25 dolar. Peningkatan inilah yang salah satu menjadi daya tarik para investor.

Dalam bursa efek, saham yang dibeli dapat dijual kapan saja, baik secara online maupun secara langsung. Oleh karenanya, para investor juga dapat membuka pemesanan terbatas dengan harga serta jumlah saham yang telah ditetapkan.

4. Meningkatkan Nama Baik Perusahaan 

Pada saat perusahaan melakukan IPO, secara tidak langsung mulai dari media, penyedia data, dan analis yang ada di perusahaan sekuritas akan sering meliput perusahaan untuk mengetahui informasi maupun berita tentang perusahaan yang bersangkutan secara cuma-cuma. Umumnya, hal ini dilakukan agar para investor dapat memantau perusahaan yang akan dibeli sahamnya.

Selain itu, dengan adanya publikasi tersebut membuat citra dan eksposur terhadap produk ataupun perusahaan meningkatkan. Sehingga, hal ini dapat membuka peluang tertariknya calon-calon pelanggan produk atau perusahaan. 

5. Mendapatkan Insentif Pajak 

Keuntungan selanjutnya adalah mendapatkan insentif pajak melalui Peraturan Pemerintah No. 56/2015 tentang perubahan Peraturan Pemerintah No. 77/2013, tentang Penurunan Tarif Pajak Penghasilan (PPh) untuk Wajib Pajak Badan Dalam Negeri yang Berbentuk Perseroan Terbuka. 

Dengan adanya aturan ini, perusahaan yg berhasil go public dapat memperoleh penurunan tarif PPh sebesar 5 persen, yaitu lebih rendah dari tarif PPh Wajib Pajak badan dalam negeri, dengan catatan sepanjang 40 persen sahamnya tercatat dan diperdagangkan di bursa efek, serta memiliki minimal 300 pemegang saham.

Kekurang IPO untuk Perusahaan

Selain beberapa kelebihan di atas, IPO juga memiliki kekurang, antara lain :

1. Biaya Mahal

Untuk melantai ke bursa efek, suatu perusahaan membutuhkan biaya yang cukup besar dan mahal.

2. Kewajiban Mempublikasi Laporan

Perusahaan yang telah terdaftar IPO memiliki kewajiban untuk mempublikasi laporan perusahaannya, mulai dari laporan keuangan, pajak, dan bisnis terkait kepada masyarakat umum. Selain itu, pelaporan membutuhkan waktu dan yang lebih besar.

3. Resiko Meningkat

Meningkatnya resiko yang berkaitan dengan tuntutan hukum bagi perusahaan-perusahaan yang sudah IPO.

4. Pengambilan Keputusan Lebih Rumit

Perusahaan yang telah terdaftar IPO, tentu struktur organisasi dan kepemimpinannya melibatkan dewan direksi dalam pengambilan keputusan besar sehingga birokrasi menjadi lebih panjang.

5. Risiko Harga Saham Turun

DIsatu sisi, jika perusahaan berhasil memenuhi targetnya, maka saham perusahaan biasanya akan mengalami peningkatan. Namun jika tidak, maka hal sebaliknya akan terjadi, yaitu harga sahamnya bisa menurun. Oleh karenanya, suatu perusahaan harus bisa berpikir jangka panjang sebelum mengikuti IPO.

6. Berpotensi Kehilangan Kontrol Perusahaan

Yang terakhir, kelemahan sebuah perusahaan yang berhasil IPO adalah para pendiri dapat kehilangan kendali atas perusahaan mereka. Dengan memutuskan untuk go public, artinya perusahaan akan menerima permodalan yang cukup besar dari para investor.

Karena para pemegang saham telah menanamkan modal untuk perusahaan begitu banyak, maka mereka tentunya mengharapkan perusahaan untuk bertindak lebih demi kepentingan terbaik mereka. Hal ini menjadikan perusahaan terkadang bisa jadi bertentangan dengan visi misi perusahaan.

Bagaimana penjelasan kami tentang IPO Adalah dan Kenapa Harus IPO, semoga artikel diatas menambah wawasan Anda dan membantu Anda mencari informasi yang dibutuhkan.

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel