menu melayang

Rabu, 01 Februari 2023

Berikut Tujuan, Keuntungan, dan Krugian Right Issue Saham Perusahaan



Jika Anda baru terjun ke dunia saham, Anda mungkin akan merasa asing dengan istilah right issue. Istilah tersebut biasanya digunakan dalam dunia investasi saham.  Lantas, apa yang dimaksud dengan istilah right issue?  Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Sebelum membahas tentang waran, kami sebelumnya juga mengunggah Apa Itu Pengertian Venture Capital Adalah jika Anda ingin membaca Anda bisa klik link yang tertera.

Apa itu Right Issue Saham

Right issue merupakan sebuah hak memesan saham baru yang akan dikeluarkan oleh suatu emiten. Rights issue ini diberikan cuma-cuma dan diprioritaskan kepada pemegang saham biasa untuk memesan saham baru.

Right issue juga dikenal sebagai Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu atau HMETD. Hal tersebut biasanya digunakan oleh perusahaan untuk menambah modal kerja, memperluas usaha dan melunasi kewajiban hutang. Oleh karenanya, perusahaan menerbitkan saham baru dan memberikan prioritas kepada investor yang sudah ada untuk membeli saham tersebut dengan harga yang lebih murah dari pada saat dijual kepada pemegang saham baru nantinya.

Umumnya, right issue Ini didistribusikan kepada pemegang saham dengan penggunaan rasio saham.  Misalnya, menggunakan rasio 1:4 yang berarti setiap pemilik satu saham diberikan hak untuk membeli 4 saham terlebih dahulu.

Misalnya, seorang investor bernama Hogi memiliki 15.000 (lembar) saham di PT. Kopi. Kemudian perusahaan mengaplikasikan right issue dengan menggunakan rasio 1:4, maka Hogi berhak membeli 4 kali lipat jumlah saham yang dimilikinya saat ini, yaitu 60.000 lembar.

Tujuan Right Issue Saham

Tujuan mengaplikasikan right issue saham pada perusahaan adalah karena perusahaan membutuhkan modal baru untuk keperluan perusahaan.  Oleh karena itu, dibandingkan harus meminjam ke pihak lain,  perusahaan biasanya melakukan right issue saham, yakni dengan menerbitkan saham baru. Hal ini bertujuan supaya investor lama yang ada di perusahaan membeli sahamnya dengan harga right issue, harga yang diberikan pun biasanya harga diskon, harga lebih rendah dari harga pasar saat itu.

Keuntungan Right Issue Saham

Perlu diketahui, right issue saham ini memiliki sisi keuntungan dan kerugian bagi para investor maupun perusahaan. Adapun keuntungan dan kerugian yang kemungkinan terjadi adalah;

Keuntungan Untuk Perusahaan

  • Perusahaan yang melakukan right issue saham besar kemungkinan akan mendapatkan peningkatan minat pasar terhadap perusahaan. Oleh karena itu, investor baru dapat membeli saham tersebut dan mendorong kenaikan harga saham. 
  • Dapat membantu perusahaan untuk mendapatkan dana segar guna meningkatkan modal usahanya. Apalagi bagi perusahaan yang sedang mengalami masalah finansial. Sehingga, pilihan right issue dapat menolong perusahaan untuk mengurangi hutang.
  • Dengan melakukan right issue, perusahaan kemungkinan tidak perlu lagi membayar kembali dana secara teratur. Berbeda saat perusahaan menambah modal dengan pinjaman, melalui rights issue, perusahaan justru akan mendapatkan suntikan modal yang kemudian dapat digunakan untuk membangun usaha atau ekspansi bisnis.

Keuntungan Untuk Investor

Ada beberapa keuntungan yang didapat investor saat mengambil kesempatan right issue saham:

  • Investor memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan. Itu juga tergantung pada harga pasar dan harga diskon saham baru.
  • Keuntungan yang diperoleh investor adalah jumlah saham yang dibeli.  right issue Saham sebanding dengan jumlah saham yang dimiliki investor saat ini.

Kerugian Right Issue Saham

Ada kemungkinan perusahaan tidak akan mencapai target dan kinerja perusahaan tidak akan baik dan akan mengakibatkan kemungkinan kerugian bagi kedua belah pihak.  Berikut beberapa potensi kerugian:

  • Investor bisa merugi jika terjadi penurunan harga saham setelah rights issue.
  • Kepemilikan saham investor berpotensi terdilusi setelah right issue, jika tidak ditebus (exercise).

Setiap bisnis memiliki risiko dan imbalannya sendiri, juga dengan  right issue.  Oleh karenanya, baik investor dan perusahaan harus mempertimbangkan sebelum melakukan ini  right issue. 

Bagaimana penjelasan kami tentang Tujuan, Keuntungan, dan Krugian Right Issue Saham Perusahaan semoga artikel diatas menambah wawasan Anda dan membantu Anda mencari informasi yang dibutuhkan.



Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel