menu melayang

Minggu, 15 Januari 2023

Cara memilih CEO dan CFO yang tepat untuk perusahaan

 


Membahas tentang berbagai jabatan yang ada dalam perusahaan, salah satunya adalah CEO. Chief Executive Officer atau yang lebih dikenal dengan singkatan CEO merupakan sebuah jabatan eksekutif dengan peringkat paling tinggi di suatu perusahaan. sebelum lanjut ke pembahasan kami sebelumnya juga mengunggah Cara Pilih Saham Yang Bagus jika anda ingin membaca anda bisa klik link yang tertera.

CEO menjalankan tugasnya sebagai pimpinan dari sebuah perusahaan. Seorang CEO memiliki tanggung jawab yang begitu besar terutama dalam pengambilan keputusan-keputusan skala besar. Dimana hal tersebut berpengaruh besar pada perkembangan dan keberlanjutan perusahaan yang dipimpin. Di Indonesia, CEO juga sering disebut sebagai direktur utama.

Selain CEO, Anda juga mungkin familier dengan istilah CFO. Chief Financial Officer atau yang dikenal dengan singkatan CFO merupakan salah satu pimpinan perusahaan yang fokusnya di bidang keuangan. Oleh karenanya, CFO juga disebut dengan direktur keuangan.

Lantas bagaimana cara memilih CEO dan CFO? Dan apa saja kemampuan yang harus dimiliki kedua posisi tersebut? Untuk mendapatkan jawabannya silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Kemampuan yang harus dimiliki oleh CEO

Sebagai memimpin sebuah perusahaan, tentunya seorang CEO harus memiliki kemampuan dalam memimpin yang mumpuni agar perusahaan yang dipimpin nantinya bisa sukses. Adapun kemampuan atau keterampilan yang harus dimiliki oleh CEO antara lain;

1.   Keterampilan manajerial yang baik

Saat Anda memimpin sebuah perusahaan, artinya Anda akan memimpin banyak orang alias karyawan-karyawan Anda. Oleh karena itu,  Anda harus memiliki keterampilan manajerial yang baik agar seluruh kegiatan yang ada di perusahaan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan visi misi perusahaan.

2. Skill komunikasi yang kuat

Untuk menjalankan peran sebagai seorang pemimpin perusahaan, maka Anda akan sering menginstruksi karyawan-karyawan Anda. Penyampain yang baik tentunya dapat meminimalisir kesalahpahaman dan juga memberikan motivasi agar karyawan Anda dapat bekerja dengan maksimal tanpa harus merasa tertekan. Jadi, kemampuan komunikasi yang baik harus Anda miliki jika Anda menjadi CEO.

3. Kreatif dan inovasi

Kemampuan dalam menciptakan ide-ide yang kreatif dan inovasi-inovasi baru mampu menjadikan bisnis perusahaan terus berkembang dalam jangka panjang karena dengan hal tersebut nantinya bisa membuat perusahaan lebih progresif.

4. Keberanian

Seorang CEO harus memiliki keberanian dalam tiap-tiap aspek perusahaan, termasuk keberanian dalam mengambil keputusan untuk perusahaan dan tentunya sudah dengan pertimbangan yang sangat matang, serta berani membina karyawan dengan memberi masukan-masukan yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Jika seorang CEO tidak memiliki rasa keberanian bagaimana ia bisa menemukan solusi dari setiap masalah perusahaan yang dipimpin.

5. Memiliki mindset berkembang

Skill ini sebenarnya berkaitan dengan kreativitas dan inovasi, dan memiliki mindset berkembang juga merupakan solusi dari tantangan yang Anda hadapi. Jika seorang CEO memiliki keahlian ini, dia dapat membantu karyawannya menghasilkan ide-ide baru dan positif tentang perusahaan.

Setelah Anda memahami bagaimana menjadi seorang CEO dan skill apa yang dibutuhkan untuk posisi tersebut, Anda dapat memahami apa tujuan Anda menjadi seorang CEO karena sebenarnya menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah dan Anda harus memiliki keinginan untuk mempertahankan perusahaan.

Kemampuan yang harus dimiliki oleh CFO

CFO akan mengarahkan tujuan, sasaran, dan anggaran keuangan suatu perusahaan. Sebagai seorang CFO, Anda akan bertugas mengawasi investasi dana yang dipegang oleh perusahaan. Selain itu, Anda juga akan menilai dan mengelola risiko terkait. Sebagian besar CFO juga akan mengelola investasi perusahaan dan duduk di dewan direksi. Sebagai seorang CFO, berikut beberapa kemampuan yang harus Anda miliki.

1. Memiliki minat belajar yang tinggi

Peran seorang CFO terfokus secara finansial, tetapi banyak belajar juga merupakan kemampuan yang penting. CFO harus memahami detail teknis pekerjaan, prioritas perusahaan, sifat pelanggan atau investor perusahaan, dll. Keterampilan ini mungkin tampak sederhana, tetapi dapat membantu CFO melakukan semua pekerjaan dengan baik.

2. Memiliki kemampuan analisis yang baik

Bagian utama dari pekerjaan CFO adalah analisis, sehingga keterampilan analitis yang baik diperlukan agar CFO dapat menangani data dalam jumlah besar. Untuk memiliki keterampilan analitis yang baik, CFO harus, antara lain, menjadi ahli di bidang ekonomi, akuntansi, perpajakan, hukum, dan manajemen risiko.

3. Mampu berkomunikasi dengan baik

CFO tidak hanya bertanggung jawab atas pelaporan keuangan perusahaan, tetapi juga menangani hubungan dengan semua mitra bisnis perusahaan. Untuk membangun hubungan yang baik, CFO juga harus mampu berkomunikasi dengan baik. Jika CFO bisa berkomunikasi dengan baik, maka kerja sama yang bisa memaksimalkan potensi kemajuan perusahaan kedepannya dapat  tercipta.

4. Memiliki standar kepemimpinan yang baik

Memiliki standar kepemimpinan yang baik itu penting karena CFO harus selalu bisa melihat sesuatu secara objektif. Hal ini memungkinkan CFO untuk mengembangkan solusi strategis. Mengembangkan dan melaksanakan rencana secara proaktif menunjukkan kepemimpinan CFO.

5. Update terhadap perkembangan trend

Tren terus berubah. Mampu mengikuti tren sangat penting bagi CFO karena perusahaan hanya dapat bertahan jika tetap relevan. Mengikuti tren terkini dalam dunia bisnis dapat dicapai dengan menerapkan pola pikir belajar dan jaringan yang berkelanjutan.

6. Skill problem solving yang baik

Seorang CFO juga harus memiliki banyak skenario saat menjalankan tugasnya agar dapat menangani semua masalah perusahaan secara efektif. Tanpa kemampuan pemecahan masalah yang mumpuni, akan sulit bagi seorang CFO untuk memimpin sebuah perusahaan.

7. Berkompeten dalam manajemen kas, akuntansi keuangan, dan keuangan perusahaan

Selain kompetensi di atas, CFO harus memiliki keterampilan cash management, kemampuan mengawasi fungsi treasury, serta keterampilan akuntansi dan perpajakan. Gelar akuntansi jelas merupakan nilai tambah.

Gelar yang dimiliki bukanlah patokan satu-satunya, Namun, kemampuan dalam memahami angka-angka di dalam perusahaan dan mengkomunikasikannya secara efektif kepada manajer lain adalah ciri CFO yang efektif.

8.   Memiliki etos kerja yang kuat

Pekerjaannya tidak terbatas pada delapan jam sehari. CFO harus bersedia bekerja berjam-jam, tetapi pada saat yang sama menghasilkan hasil yang terperinci dan benar. Etos kerja yang kuat memungkinkan seorang CFO melakukan banyak hal dengan waktu yang terbatas. Ini termasuk terlibat dengan manajer dan klien lain untuk mendapatkan kepercayaan dan membangun hubungan baik.

9.   Dapat diandalkan

CFO menghadapi banyak tekanan. Oleh karena itu, salah satu keterampilan yang harus dimiliki adalah kemampuan untuk bekerja dengan andal di bawah tekanan. CFO harus memberikan informasi yang tepat waktu dan benar serta bersedia mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk membawa hasil yang baik bagi perusahaan. CFO yang efektif harus berpikiran terbuka dan dapat diandalkan secara konsisten.

bagaimana penjelasan kami tentang Cara memilih CEO dan CFO yang tepat untuk perusahaan semoga artikel diatas menambah wawasan anda dan membantu anda mencari informasi yang dibutuhkan

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel