menu melayang

Selasa, 22 November 2022

Daftar 10 Perusahaan Go Publik (IPO) Terbesar di Dunia



IPO atau penawaran umum perdana merupakan sebuah proses penawaran saham suatu perusahaan swasta kepada publik dalam penerbitan saham baru untuk pertama kalinya. IPO memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan modal ekuitas dari investor publik. Dalam IPO, perusahaan swasta mencatatkan sahamnya di bursa saham, membuatnya tersedia untuk dibeli oleh masyarakat umum.

Banyak orang-orang yang beranggapan bahwa IPO sebagai sebuah peluang untuk menghasilkan uang yang besar, perusahaan bisa terkenal dan menjadi berita utama dengan keuntungan harga saham yang besar saat mereka go public. Hal tersebut memang tidak dapat disangkal trennya. Tapi, Anda perlu memahami bahwa IPO merupakan investasi yang sangat berisiko, memberikan pengembalian yang tidak konsisten dalam jangka panjang.

Menjadi publik merupakan sebuah proses yang menantang dan memakan waktu yang sulit dilakukan sendiri oleh sebagian besar perusahaan. Perusahaan swasta yang merencanakan IPO tidak hanya perlu mempersiapkan diri untuk peningkatan eksponensial dalam pengawasan publik, tetapi juga harus mengajukan banyak dokumen dan pengungkapan keuangan untuk memenuhi persyaratan Securities and Exchange Commission (SEC), yang mengawasi publik. perusahaan.

Itu sebabnya perusahaan swasta yang berencana untuk go public menyewa penjamin emisi, biasanya bank investasi, untuk berkonsultasi tentang IPO dan membantunya menetapkan harga awal untuk penawaran tersebut. Penjamin emisi membantu manajemen mempersiapkan IPO, membuat dokumen penting untuk investor dan menjadwalkan pertemuan dengan calon investor, yang disebut roadshow.

“Penjamin emisi mengumpulkan sindikat perusahaan perbankan investasi untuk memastikan distribusi yang luas dari saham IPO baru,” kata Robert R. Johnson, Ph.D.,

Analis keuangan sewaan (CFA) dan profesor keuangan di Heider College of Business di Universitas Creighton. “Setiap perusahaan perbankan investasi dalam sindikat akan bertanggung jawab untuk mendistribusikan sebagian saham.”

Setelah perusahaan dan penasehatnya menetapkan harga awal untuk IPO, penjamin emisi menerbitkan saham kepada investor dan saham perusahaan mulai diperdagangkan di bursa saham publik, seperti New York Stock Exchange (NYSE) atau Nasdaq.

Nilai Pasar dan Kapitalisasi Pasar

Sebelum mendalami, perlu diperhatikan bahwa kapitalisasi pasar hanyalah salah satu dari banyak metrik yang dapat digunakan untuk membantu menilai perusahaan.

Sederhananya, kapitalisasi pasar perusahaan mengukur harga gabungan dari saham perusahaan yang beredar atau dengan kata lain, itu merupakan  harga yang akan dibayar seseorang jika mereka ingin membeli perusahaan secara langsung dengan harga saham saat ini (secara teoritis).

Tetapi sementara kapitalisasi pasar memberikan wawasan tentang nilai ekuitas pada waktu tertentu, menghitung nilai pasar jauh lebih rumit dan bernuansa. Lagi pula, harga yang dibayarkan mungkin tidak mencerminkan nilai bisnis yang sebenarnya. Untuk mendapatkan ukuran nilai, metrik lain seperti rasio harga terhadap penjualan (P/S) perusahaan, rasio harga terhadap pendapatan (P/E), atau laba atas ekuitas (ROE) dapat dipertimbangkan.

Daftar 10 Perusahaan Go Publik (IPO) Terbesar di Dunia

Selama dua dekade terakhir, sentimen investor telah bergeser karena tren yang berbeda telah dimainkan, dan jenis perusahaan yang didukung oleh pasar juga telah berubah. Misalnya, perusahaan teknologi dan telekomunikasi menjadi besar di awal tahun 2000-an, karena investor bersemangat tentang potensi yang tampaknya tak terbatas dari World Wide Web yang baru diperkenalkan. dipembahasan kami sebelumnya kami juga membahas mengenai Daftar Saham Lo Kheng Hong Di Bursa Efek Indonesia. Untuk pembahasan kali ini kami akan membahas Daftar 10 Perusahaan Go Publik (IPO) Terbesar di Dunia maka dari itu kita langsung saja menuju ke pembahasannya.

Di tengah gelembung Dotcom, investor menggelontorkan uang ke startup teknologi yang berhubungan dengan internet. Saat adopsi PC dan internet meningkat, investor berharap untuk masuk lebih awal sebelum perusahaan ini mulai benar-benar menghasilkan keuntungan. Sentimen yang berlebihan ini tercermin dalam kapitalisasi pasar perusahaan publik pada saat itu, terutama di perusahaan teknologi atau telekomunikasi yang dianggap diuntungkan oleh ledakan internet.

Tentu saja, gelembung Dotcom tidak dimaksudkan untuk bertahan lama, dan pada Januari 2004 daftar 10 teratas tampak jauh lebih beragam. Saat ini, Microsoft telah kehilangan posisi teratas dari General Electric, yang memiliki kapitalisasi pasar sebesar $309 miliar. Kemudian pada akhir tahun 2000-an, perusahaan energi seperti ExxonMobil, PetroChina, Gazprom, dan BP mengambil alih daftar karena harga minyak melonjak lebih dari $100 per barel.

Tapi maju cepat ke tahun 2022, dan kami telah menjadi lingkaran penuh, dengan Big Tech kembali menjadi pusat perhatian.

Daftar 10 perusahaan go publik (ipo) terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar per 14 November 2022

1. Apple (AAPL), yaitu dengan kapitalisasi pasar sebesar $2.381 triliun

2. Saudi Aramco (2222.SR), yaitu dengan kapitalisasi pasar sebesar $2.013 triliun

3. Microsoft (MSFT), yaitu dengan kapitalisasi pasar sebesar $1.842 triliun

4. Alphabet atau Google (GOOG), yaitu dengan kapitalisasi pasar sebesar $1.249 trilliun

5. Amazon (AMZN), yaitu dengan kapitalisasi pasar sebesar $1.028 trillion

6. Berkshire Hathaway (BRK-B), yaitu dengan kapitalisasi pasar sebesar $683.18 miliar

7. Tesla (TSLA), yaitu dengan kapitalisasi pasar sebesar $609.66 miliar

8. United Health Group (UNH), yaitu dengan kapitalisasi pasar sebesar $487.80 miliar

9. Exxon Mobil (XOM), yaitu dengan kapitalisasi pasar sebesar $469.27 miliar

10. Johnson & Johnson (JNJ), yaitu dengan kapitalisasi pasar sebesar $442.50 miliar

Prediksi IPO mendatang

Mengutip dari Forbes, aktivitas IPO mencapai rekor tertinggi pada tahun 2021, berkat pasar saham yang sangat kuat. Prospek IPO untuk 2022 sangat berbeda, dengan penawaran awal yang diharapkan ditunda dan bahkan dibatalkan karena banyak masalah yang dihadapi pasar. Berikut adalah beberapa IPO mendatang yang lebih menonjol:

1. Stripe, yaitu perusahaan layanan keuangan dengan penilaian terbaru sebesar $95 miliar

2. Klarna, yaitu perusahaan pembayaran dengan penilaian terbaru sebesar $46 miliar

3. Chime, yaitu perusahaan  layanan finansial dengan penilaian terbaru sebesar $40 miliar

4. Instacart, yaitu perusahaan  ritel dengan penilaian terbaru sebesar $39 miliar

5. Databricks, yaitu perusahaan  manajemen basis data dengan penilaian terbaru sebesar $38 miliar

6. Discord, yaitu perusahaan  jejaring sosial dengan penilaian terbaru sebesar $17 miliar

7. Reddit, yaitu perusahaan  media sosial dengan penilaian terbaru sebesar $15 miliar

8. Plaid, yaitu perusahaan  layanan finansial dengan penilaian terbaru sebesar $13 miliar

9. Impossible Foods, yaitu perusahaan bahan pokok konsumen dengan penilaian terbaru sebesar $10 miliar

10. Better.com, yaitu perusahaan hipotek dengan penilaian terbaru sebesar $8 miliar

 

Bagaimana pembahasan kami diatas mengenai Daftar 10 Perusahaan Go Publik (IPO) Terbesar di Dunia apakah artikel diatas menambah wawasan anda?

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel