menu melayang

Rabu, 23 November 2022

Daftar 10 Perusahaan Go Publik (IPO) Terbesar di Indonesia

 


Sebelum memahami mengapa suatu perusahaan ingin melakukan IPO, ada baiknya memahami apa definisinya. Penawaran umum perdana, atau lebih dikenal dengan IPO, adalah istilah untuk perusahaan yang melakukan penawaran dan menjual sebagian saham perusahaannya kepada publik.

IPO juga menandai perusahaan yang semula perusahaan tertutup (PT ditutup) menjadi perusahaan terbuka (Tbk). Oleh karena itu, banyak orang menyebut istilah IPO ini sebagai go public. Hingga perusahaan tercatat di bursa, akses perusahaan terhadap dana ekspansi terbatas.

Perbedaannya adalah bahwa perusahaan mendaftar untuk IPO, penawaran umum saham yang dapat dibeli oleh semua orang yang dikenal sebagai investor sambil menjadi pemegang saham langsung perusahaan. Memungkinkan perusahaan memperoleh dana tambahan untuk memperluas jaringan bisnisnya.

IPO ini bertujuan agar pemilik suatu perusahaan mendapatkan pendanaan atau modal dari luar, dalam hal ini investor. IPO ini dilakukan pada saat pasar saham dalam kondisi yang cukup kondusif dan perusahaan yang terkait sedang bertumbuh, sehingga membutuhkan pendanaan untuk ekspansi ataupun memenuhi biaya operasional bisnis.

Daftar 10 Perusahaan Go Publik (IPO) Terbesar di Indonesia

Total nilai pasar dari saham beredar perusahaan yang diperdagangkan secara publik dan biasanya digunakan untuk mengukur seberapa besar nilai sebuah perusahaan disebut kapitalisasi pasar. Tapi sebelum kita melanjutkan pembahasan diatas saya ingin memberitahu bahwa kami juga mengunggah artikel tentang Perbedaan Ipo Akselerasi, Papan Pengembangan,Dan Papan Utama anda bisa membacanya dengan klik link tersebut. Jika sudah kita lanjutkan pembahasan kita.

Mengutip dari companiesmarketcap.com, berikut daftar 10 perusahaan go publik (ipo) terbesar di Indonesia berdasarkan kapitalisasi pasar per 14 November 2022;

1.   Bank Central Asia (BBCA)

Per November 2022 Bank Central Asia memiliki kapitalisasi pasar sebesar $70,08 miliar. Hal ini menjadikan Bank Central Asia sebagai perusahaan paling bernilai ke-192 di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar.

2. Bank Rakyat Indonesia (BBRI)

Per 14 November 2022 Bank Rakyat Indonesia memiliki kapitalisasi pasar sebesar $45,89 miliar. Hal ini menjadikan Bank Rakyat Indonesia sebagai perusahaan paling bernilai ke-351 di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar.

3. Bank Mandiri (BMRI)

Per November 2022 Bank Mandiri memiliki kapitalisasi pasar sebesar $31,67 Miliar. Hal ini menjadikan Bank Mandiri sebagai perusahaan paling bernilai ke-538 di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar.

4. Telkom Indonesia (TLKM)

Per November 2022 Telkom Indonesia memiliki kapitalisasi pasar sebesar $26,48 Miliar. Hal ini menjadikan Telkom Indonesia sebagai perusahaan paling bernilai ke-654 di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar.

5. Astra International (ASII)

Per November 2022 Astra International memiliki kapitalisasi pasar sebesar $16,62 Miliar. Hal ini menjadikan Astra International sebagai perusahaan paling bernilai ke-973 di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar.

6. Bayan Resources (BYAN)

Pada November 2022 Bayan Resources memiliki kapitalisasi pasar sebesar $15,70 Miliar. Ini menjadikan Bayan Resources sebagai perusahaan paling berharga ke-1021 di dunia berdasarkan kapitalisasi.

7. GoTo (GOTO)

Per November 2022 GoTo memiliki kapitalisasi pasar sebesar $13,65 Miliar. Ini menjadikan GoTo sebagai perusahaan paling bernilai ke-1140 di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar.

8. Chandra Asri Petrokimia (TPIA)

Per November 2022 Chandra Asri Petrochemical memiliki kapitalisasi pasar sebesar $13,09 Miliar. Hal ini menjadikan Chandra Asri Petrochemical sebagai perusahaan paling berharga ke-1183 di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar menurut data kami.

9. Unilever Indonesia (UNVR)

Per November 2022 Unilever Indonesia memiliki kapitalisasi pasar sebesar $11,23 Miliar. Hal ini menjadikan Unilever Indonesia sebagai perusahaan paling bernilai ke-1330 di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar menurut data kami.

10.       Bank Negara Indonesia (BBNI)

Per November 2022 Bank Negara Indonesia memiliki kapitalisasi pasar sebesar $10,94 Miliar. Ini menjadikan Bank Negara Indonesia sebagai perusahaan paling berharga ke-1353 di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar menurut data kami.

 

Cukup sudah artikel tentang Daftar 10 Perusahaan Go Publik (IPO) Terbesar di Indonesia apakah artikel diatas membantu anda dan menambah wawasan anda? Semoga iya terimakasih telah membaca di website kami.

 

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel