menu melayang

Sabtu, 26 November 2022

Bagusan Mana Emas Vs Perak

 


Bagusan Mana Emas Vs Perak

Hai Moms. Tau gak, emas dan perak merupakan salah satu jenis investasi yang bisa Anda gunakan. Sebelum memilih jenis investasi, Ada baiknya jika para investor terlebih dahulu menyesuaikan dengan tujuan investasi. Investasi emas bisa sebagai pilihan untuk jangka panjang karena nilainya cenderung meningkat. Sebelum lanjut kami juga membahas sebuah artikel yang berjudul Daftar 10 Perusahaan Go Publik (Ipo) Terbesar Di Indonesia anda bisa membacanya untuk menambah wawasan anda.

Namun, pada saat ini, perak memiliki permintaan yang semakin meningkat, sehingga menjadi salah satu investasi yang paling banyak diminati oleh para investor. Sebelum memilih di antara dua jenis investasi tersebut, ada beberapa komponen yang harus diperhatikan agar bisa mendatangkan keuntungan.

Perbedaan Antara Investasi Emas & Perak

Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan ketika ingin berinvestasi emas.  Beberapa hal tersebut harus diperhatikan untuk memberikan kemudahan bagi investor dalam memilih investasi yang sesuai dengan tujuan.

1.   Return yang Didapatkan

Emas serta perak sama sama memiliki prospek yang bagus untuk sebagai target investasi jangka panjang.  pujian adalah emas memiliki harga yang semakin emendak.  Selain itu, perak yang memiliki nilai terus meningkat dan permintaan yang terus meningkat.

Emas atau perak yang diinvestasikan dalam barangan benuk jauh lebih indah yang dibuat dengan getaran.  Namun perlu diperhatikan bahwa perak batangan memiliki nilai yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan emas pada periode tertentu.

2.   Tingkat Risiko

Dinamika dalam pasar investasi yang sangat fluktuatif membuat para investor harus jeli dan cermat agar dapat memiliki investasi yang tepat.  Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah risiko yang mungkin ditimbulkan dari investasi tersebut.

Jika dibandingkan dengan emas, nilai perak lebih fluktuatif.  Namun, perlu dicatat bahwa emas memiliki nilai yang lebih stabil daripada perak.

Jika investasi yang dipilih dapat memberikan hasil yang memuaskan, investor harus memperhatikan waktu pembelian dan penjualan investasi. Pastikan jangka waktu yang dipilih sama persis dengan jenis investasinya, agar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

3.    Nilai Volatilitas

Besarnya perubahan harga yang ditunjukkan adalah fluktuasi pasar pada waktu-waktu tertentu, dan disebut juga volatilitas.  Parameter ini sangat penting untuk menentukan profit dari sebuah investasi berupa trading.

Nilai volatilitas yang semakin tinggi akan membuang perbedaan manfaat yang semakin besar pula.  Namun, perlu sikke sama perangan tersebut dengan besar risiko yang sama.  Oleh sebab itu, investor harus melakukan pertimbangan dengan baik.

Investor harus menentukan jenis perdagangan emas atau perak saat nilai volatilitas tinggi sempu mampu memberikan profit yang tinggi juga. Faktor yang sangat mempengaruhi nilai volatilitas adalah kebijakan pasar global terhadap tingkat suku bunga dan inflasi.

Disisi lain. Untuk perak, volatilitas nilai dipengaruhi oleh besarnya permintaan pada industri. Laju perakana harga perak bisa sangat pesat hingga pekalan 3x lebih cepat dari emas.

4.    Jumlah Permintaan

Berdasarkan survei di pasaran, permintaan perak lebih rendah dari harga.  Hal tersebut terjadi karena kebutuhan bahan perak banyak banyak pada sektor sektor industri.

Bahkan jika diamati dalam statistik global, permintaan perhiasan saat ini sedang menurun.  Pemanfaatan perak banyak digunakan sebagai bahan baku dalam sektor industri karena karakteristiknya yang mudah samalam.

Selain digunakan untuk bahan baku untuk perhiasan, perak juga digunakan sebagai bahan untuk pemanfaatan rumah tangga. Perak juga sering digunakan dalam industri listrik karena memiliki sifat konduktor.

Jadi, mana yang lebih menguntungkan untuk berinvestasi di perak atau berinvestasi di emas?

Tentu, Anda tahu semua tentang investasi emas, tetapi pernahkah Anda mendengar tentang investasi perak?

Seperti halnya investasi emas, investasi perak juga hadir dalam 2 jenis investasi, yaitu logam atau perhiasan. Biasanya perak dalam bentuk perhiasan memiliki tingkat kemurnian yang lebih rendah dibandingkan dengan perak batangan.

Tingkat kemurnian dalam batangan perak dapat melebihi 92,5% dan semakin tinggi tingkat kemurniannya, semakin baik investasinya.

Perak batangan dibagi menjadi 2 jenis menurut tingkat kemurniannya, perak 99,9% dan 99,95%.

Jenis Perak Untuk Investasi

Ada beberapa jenis perak yang beredar untuk investasi:

1.    Perak Granular

Jenis perak yang dijual PT ANTAM ini merupakan perak murni dan berukuran kecil sehingga mudah meleleh dan biasanya digunakan untuk kebutuhan industri atau kerajinan berbahan dasar perak.  Perak batangan biasanya murah dan dapat dijual kembali ke perajin atau pengrajin.

2.    Batangan perak

HMV Silver Bullion

Nama perak ini diadaptasi dari asal usul perak yaitu Perusahaan HMV di Batam. Perak yang dikeluarkan oleh HMV seringkali diukir dengan halus dan dilengkapi dengan sertifikat ANTAM untuk memastikan keasliannya.

Perak Batangan Impor

Lebih murah dari perak HMV, perak batangan impor biasanya memiliki harga beli yang lebih tinggi dan dijual dalam kemasan dan tampilan yang menarik, yang disukai banyak investor.  Namun sisi negatifnya adalah harga referensi untuk perak batangan impor sangat bervariasi.

Batangan Perak Domestik

Tidak seperti batangan perak impor, batangan perak domestik kurang menarik tetapi jauh lebih murah.

Keuntungan Perak Dibandingkan Emas

Berikut adalah beberapa alasan mengapa berinvestasi di perak lebih populer daripada berinvestasi di emas batangan.

1.   Stabil

Ada banyak faktor yang membuat harga perak lebih stabil. 

     Pasar internasional untuk perak lebih kecil daripada emas batangan.  Pasar global yang terbatas untuk perak ini membuat manipulasi harga menjadi lebih sulit.

     Secara historis, bank sentral dunia lebih memperhatikan pemilik emas, sehingga tidak heran jika mereka kurang tertarik untuk menstabilkan harga perak.  Apalagi faktanya, sejak pertengahan 1970-an, bank sentral telah memilih portofolio yang terdiri dari obligasi dan surat berharga.

Kondisi ekonomi makro (perekonomian secara keseluruhan) dan tujuan penggunaan perak sebagai bahan manufaktur daripada sebagai komoditas membuat harga perak bergejolak. Meskipun emas banyak digunakan sebagai komoditas, pasar perak yang lebih kecil membuat dampak yang dirasakan lebih kecil kemungkinannya dibandingkan pasar emas.

2.   Terjangkau

Jika Anda ingin berinvestasi perak, Anda tidak memerlukan modal sebesar jika Anda berinvestasi emas batangan.  Artinya, Anda masih bisa mengalokasikan sebagian dana untuk kebutuhan keluarga lainnya.  Tentu saja, harga beli yang rendah dan risiko yang rendah membuat investasi perak sangat menarik.

3.    Harga Cepat Naik

Perak memiliki tingkat apresiasi yang lebih tinggi daripada emas batangan.  Misalnya harga emas batangan bisa naik sampai 2 kali lipat, harga perak batangan bisa naik sampai 3 kali lipat.  Ini adalah salah satu alasan mengapa perak lebih populer daripada emas

4.    Banyak Permintaan

Sebagaimana dijelaskan pada alasan pertama, perak memegang peranan penting dalam dunia industri karena perak sering digunakan sebagai bahan baku, mulai dari pengerjaan kawat hingga suku cadang mesin kendaraan.  Tingginya permintaan perak membuat perak diminati banyak orang.  Perak tidak hanya digunakan sebagai bahan baku industri, tetapi juga sebagai bahan pembuatan perhiasan atau berbagai kerajinan tangan.

5.    Ketersedian Terbatas

Meski industri perak terus berkembang, jumlah perak terbatas, sehingga produk ini termasuk produk yang bernilai.  Alasan inilah yang menjadikan perak ideal sebagai investasi Anda.

Kekurangan Perak Dibandingkan Dengan Emas

Namun, seperti investasi pada umumnya, ada beberapa kelemahan berinvestasi dalam perak.

1.    Perawatan Agak Sulit

Tidak seperti emas, perak mudah teroksidasi, terutama jika tidak dirawat dengan benar.  Perak oksida mereduksi perak menjadi hitam, yang membuat perak tidak laku di pasaran.

2.    Pasarnya Sedikit

Pasar perak adalah pasar yang kecil, sehingga sulit untuk mencari informasi tentang perak.  Keterbatasan informasi ini membuat investor kurang tertarik dengan perak.  Namun, Anda tetap dapat membeli perak melalui PT ANTAM atau dealer resmi emas atau perak lainnya.  Mengenai pembelian perak dalam bentuk perhiasan, umumnya Anda bisa membelinya di toko perhiasan.

3.   Rentan Pemalsuan

Baik batangan perak domestik maupun batangan perak impor keduanya sangat mudah dibuat. Berinvestasi perak sangat berisiko bagi investor yang belum memahami cara membedakan perak asli dan palsu.

Nah, Setelah Anda memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang pasar emas dan perak, akan lebih mudah bagi Anda untuk memilih investasi mana yang sesuai dengan keahlian dan tujuan investasi Anda.  Yang terpenting adalah tetap berinvestasi.

Gimana, setelah membaca artikel tersebut, apakah pilihan yang tepat untuk menginvestasikan uang?  Apa yang membuat orang berinvestasi dalam perak?  Bagikan pengalaman Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel